Wednesday, 20 July 2016

Strategi Diferensiasi Produk


Strategi Diferensiasi adalah suatu upaya untuk membuat suatu produk atau jasa yang dirasa sebagai yang unik di seluruh industri. Penekanan dapat pada gambaran merk, pemilik teknologi, corak khusus, pelayanan yang superior, jaringan distributor yang kuat atau aspek-aspek yang bisa menjadi spesifik untuk industri anda.

Perusahaan akan menggunakan strategi diferensiasi bila ingin bersaing dengan pesaingnya dalam hal keunikan produk dan jasa yang ditawarkan.
Keunikan tersebut dapat dilihat dari ciri produk yang menawarkan nilai yang dicari konsumen sehingga menjadikan produk tersebut unik dan berbeda di mata konsumen.
Konsumen akan rela membayar dengan harga mahal bagi produk-produk yang dipersepsikan sebagai produk yang unik dan berbeda. (Thompson, 2012).



1. Komplek
Dalam suatu produk menjelaskan bahwa produk itu selalu lebih baik dan dapat membedakan bagaimana produk tersebut berbeda dengan produk pesaing.
2. Relevan
Dilihat dari hal apa konsumen menganggap suatu produk itu relevan

Ciri Ciri Diferensiasi Produk :
Bentuk
Fitur
Rasa
Mutu Kinerja
Mutu Kesesuaian
Daya Tahan
Gaya
Desain
Kemasan


Menurut Fitur
Merupakan keunggulan untuk melengkapi fungsi dasar dari suatu produk yang biasanya diciptakan agar dapat membedakan suatu produk dengan produk lain.
Kinerja
Suatu karakteristik produk yang dibangun untuk menyesuaikan dengan keinginan pasar.
Gaya dan Desain
Totalitas fitur yang mempengaruhi dan menggambarkan penampilan, perasaan dan fungsi terhadap suatu produk.
Konsistensi
Suatu kinerja produk yang ditawarkan oleh perusahaan sama dengan yang dirasakan oleh konsumen setelah memakai produk tersebut.
Keawetan
Suatu ukuran usia operasi suatu produk yang diharapkan dalam kondisi normal atau berat dan merupakan atribut yang berharga untuk suatu produk tertentu.
Keterandalan
Ukuran profitabilitas suatu produk terhadap kerusakan atau kegagalan dalam suatu periode waktu tertentu.
Kemampuan diperbaiki
Kemudahan perbaikan suatu produk ketika produk tersebut mengalami kerusakan atau kegagalan.