Friday, 22 July 2016

Pentingnya Brand dalam Pemasaran Produk/ Jasa


Sebuah brand atau merek menurut Wikipedia memiliki pengertian yakni nama, istilah, desain, simbol, atau fitur lain yang membedakan produk satu penjual dari orang lain. Kita percaya bahwa brand atau merek adalah lebih dari itu. Kita tahu bahwa brand adalah kunci bagi setiap perusahaan, apapun yang mereka jual, baik itu barang atau jasa. Brand juga merupakan suatu cara yang dilakukan perusahaan atau produk untuk terhubung dengan klien atau konsumen.

Dalam blognya, Seth Godin mendefinisikan brand atau merk sebagai serangkaian harapan, kenangan, kisah-kisah, dan hubungan yang diambil bersama-sama yang menjelaskan keputusan konsumen untuk memilih produk atau jasa yang satu atas produk atau jasa yang lain. Jika konsumen tidak bersedia untuk membayar tinggimembuat pilihan, atau menyebarkan informasi mengenai produk atau jasa tersebutmaka tidak ada nilai brand atau merek pada konsumen tersebut.

Fungsi sebuah brand atau merek dari sudut pandang konsumen:
  • Brand atau merek memainkan peran dalam hal komunikasi dan identifikasi. Brand atau merek menuntun, menyampaikan harapan kualitas, dan juga menawarkan bantuan dan dukungan untuk keputusan membeli konsumen. Brand atau merek membuat konsumen lebih mudah untuk menafsirkan dan mencerna informasi tentang produk.
  • Perasaan akan risiko pembelian akan dikurangi, yang pada gilirannya membantu memupuk hubungan yang didasari kepercayaan.
  • Sebuah brand atau merek dapat juga berfungsi sebagai kartu bisnis sosial, mengungkapkan keanggotaan dalam grup tertentu. Merek-merek premium, misalnya, bahkan dapat menimbulkan rasa perbedaan dan prestise.
  • Mengkonsumsi merek-merek tertentu juga berarti mengacu pada nilai-nilai tertentu. Dengan memilih untuk merek-merek tertentu, konsumen menunjukkan bahwa dia memeluk nilai-nilai yang tertentu; merek menjadi alat pembentukan identitas.
Fungsi suatu brand atau merek dari sudut pandang perusahaan:
  • Sebuah brand membantu menumbuhkan loyalitas pelanggan. Brand yang sangat kuat dapat menetapkan keputusan mengenai harga premium di pasar dan melunakkan reaksi konsumen terhadap perubahan harga. Khususnya pembeli yang berorientasi pada merek (pembeli yang lebih peduli dengan merek daripada harga) lebih dapat bertahan ketika terjadi perubahan harga dalam skenario kompetitif. Hal ini mengurangi sensitivitas terhadap perubahan harga (atau mengurangi elastisitas harga).
  • Risiko pembelian yang dirasakan konsumen yang berkurang meletakkan landasan bagi hubungan kepercayaan, memberikan brand peran dalam menggiring konsumen pada sebuah perusahaan, produk, atau jasa.
  • Brand terkenal kuat khususnya menjaga tingkat penjualan dan pasar saham konstan dan sangat mengurangi ketergantungan pada promosi khusus jangka pendek.
  • Brand membuka potensi peluang besar dalam hal perizinan dengan sangat baik, membantu perusahaan mencapai rencana ekspansi internasional.
  • Brand juga menawarkan potensial perusahaan dalam mengasah profil yang jelas dan menaungi kompetisi. Brand terkenal kuat khususnya dapat mengurangi risiko bahwa produk baru diluncurkan akan gagal dan dapat digunakan sebagai platform untuk merek perdagangan yang sukses (juga dalam hal meluncurkan segmen produk yang benar-benar baru).