Monday 25 July 2016

Kisah Sukses Toyota


Nama Toyota sangatlah akrab di telinga kita. Perusahaan dengan produk utamanya berupa mobil ini sanggup menjadi di antara yang terdepan dalam industri otomotif kelas dunia. Selain memiliki stadion sepak bola kapasitas sejagat, Toyota juga menjadi sponsor utama dalam Piala Dunia antar klub yang digelar saban tahun.

Sakichi Toyoda memulai debutnya lantaran kegundahannya menyaksikan sang bunda yang harus duduk menggelosor di lantai, menenun kain untuk dijadikan pakaian. Rasa cintanya yang tulus membuatnya berpikir untuk menciptakan mesin tenun agar ibunya bisa bekerja sambil duduk layaknya orang kantoran.
Didorong oleh baktinya, Toyoda pun berhasil menciptakan mesin tenun paling sederhana yang kala itu terbuat dari kayu. Sang ibu pun bisa menenun sambil duduk santai mengoperasikan mesin buatan buah hatinya.

Tak puas, Toyoda terus melakukan inovasi hingga menemukan mesin tenun paling mutakhir kala itu, yang terbuat dari besi. Lantaran temuannya itu pula, Jepang berhasil menguasai industri tekstil tingkat dunia. Mesin buatannya dibuat dalam jumlah banyak, industrinya berkembang sangat pesat. Tak kurang, ada 50 mesin tenun temuan Toyoda.

Berkembang dengan temuan mesin tenunnya, Toyoda melirik pasar Eropa dan Amerika yang berhasil mengembangkan industri angkutan manusia, mobil. Ia mengutus anaknya, Kiichiro, untuk keliling Eropa dan Amerika guna mempelajari industri pembuatan mobil. Agar mendapatkan izin belajar, Kiichiri menjual hak paten mesin tenun tipe G yang merupakan temuan paling mutakhir di bidang tenun.
Waktu bergulir, usaha keluarga Toyoda berkembang pesat seiring berjalannya waktu. Karena tak berkanan nama keluarganya dijadikan nama perusahaan, Toyoda pun diganti menjadi Toyota setelah sebelumnya diadakan kompetisi menciptakan nama perusahaan tersebut.

Kini, kita menikmati Toyota sebagai salah satu angkutan utama negeri ini. Perusahaan ini berhasil berkembang pesat dan menyasar pasar kalangan menengah hingga kalangan atas. Tanpa banyak diketahui, rupanya, di balik sukses Toyota ada sesuatu yang sederhana, tapi sangat menggerakkan.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.